Friday, August 13, 2010

Do Yoga




Hari ini hari kedua gw ikutan yoga. Rasanyaaa badan patah-patah *ga deng lebai
Sebenernya niat pengen yoga udah lama banget tertanam di kepala gw. Sempet browsing di internet tempat-tempat yoga yang ciamik yang deket dari tempat gw tinggal. Dan bahkan gw udah nelpon sana-sini buat nanya-nanya harga kelas yoga tsb.

Entah jodoh entah apa, tiba-tiba gw tau kalo ternyata di kantor itu ada kelas yoga tiap jumat after office hour. Tanpa banyak cing cong gw langsung daftar, apalagi ternyata yoga di kantor itu iurannya murah bangeeeet. setiap orang ditarikkin cuman 100.000 tiap putaran. 1 putaran itu 10 minggu, 10 x pertemuan. Murah gilaaaaaa!!

Kesan pertama ikutan yoga, ternyata gak semembosankan yang orang-orang bilang. Mungkin tergantung orangnya juga kali ya?
Baru 2x pertemuan, menurut gw khasiat2 yoga adl sbb :

1. Kita bisa tau kelemahan - kelemahan fisik kita.
Dari beberapa gerakan yoga, itu kerasa banget lho, kita lemahnya dimana. Misalnya waktu kita harus tahan dengan bertumpu di kaki kiri, kaki mulai gemeteran karena gak kuat numpu badan. Itu tandanya emang kaki kiri kita lemah. Atau waktu tangan numpu badan, tapi gak kuat.
Pokoknya pasti berasa deh keterbatasan keterbatasan setiap anggota badan kita.

2. Melatih kesabaran
Yang ini bener banget. Jadi, di setiap gerakan yoga, itu pasti ada waktunya. Kita harus bisa bertahan pada 1 gerakan selama 8 detik. Semakin sulit gerakan, maka harus semakin sabar kita menunggu 8 detik, yang kerasa kayak 8 menit itu :p

3. Bisa bikin tidur nyenyak.
Ini juga bener banget. Habis yoga emang enaknya makan terus langsung tidur. Dijamin tidurnya lempeng. Hehe..tapi untungnya di setiap akhir sesi yoga, pasti ada adegan tidur-tidurannya.
Sehabis melakukan gerakan-gerakan yang tak dinyana sangat menguras tenaga itu, kita disuruh untuk tiduran lepas, rileks, atur nafas, dan entah kenapa gw selalu bener-bener rileks. mungkin karena seluruh otot bener-bener ketarik sana sini dan darah mengalir lancar, jadinya badan nuntut berat untuk istirahat kali ya?

4. Lebih berkualitas dibanding olahraga lari sana sini.
Waktu yoga, seluruh anggota tubuh pasti kebagian porsi yang sama. Jadi tinggal tunggu giliran untuk disiksa aja :)) Dari mulai leher, tangan, kaki, perut, pantat, punggung, bahu, paha, dada, semuanya kebagian ditarik-tarik dan dipelintir-pelintir ototnya. Dan yang paling penting, pernapasan kita bener-bener diatur. Gerakan mana untuk tarik napas, gerakan mana untuk buang napas. Jadi gak over napas kayak waktu main bola atau basket atau olahraga-olahraga permainan lain. Dan, gerakan -gerakan nya bener-bener detail dan total memaksimalkan kerja otot-otot di setiap anggota badan.

So far sih itu ya menurut gw. Mungkin masih banyak khasiat-khasiat lainnya dibalik yoga.
Mari kita nikmati :)




No comments:

Post a Comment